#HOWTO #GinTravel Merencanakan Traveling Untuk Orang Kantoran

by - Juni 02, 2019


Sering sekali setiap saya akan atau setelah traveling, banyak yang nanya "kok bisa sih jalan-jalan terus?" atau "Kerjaannya promising banget ya? kok bisa jalan-jalan terus?". Tetapi paling sering sih enggak nanya tetapi langsung aja bikin statement "Pasti uangnya banyak soalnya jalan-jalan terus".

Saya paham betul kalau traveling identik sama kebutuhan "tersier"atau lekat dengan kata-kata "luxury". Padahal faktanya tidak selalu begitu. Karena sejujurnya, travelling sendiri bisa di customize sesuai dengan keadaan kita apabila direncakan dengan baik dan benar. Nah, kira-kira perencanaan apa yang saya lakukan untuk jalan-jalan tahunan saya?

1. Berapa kali dalam setahun kira-kira jalan-jalannya?
Di awal tahun, saya tentukan berapa kali saya mau jalan-jalan dalam setahun. Sekali kah, dua kali, atau tiga kali. Ingat, harus tetap realistis apalagi kalau kalian kayak saya (a.k.a corporate slave) yang punya jatah cuti. Jangan muluk-muluk, kuncinya disitu. Waktu saya awal-awal giat travelling, saya agak keterlaluan karena target travelling saya sampai 5 tempat dalam setahun which is impossible dan akhirnya malah kecewa karena enggak bisa ke semua tempat. Sejak saat itu saya lebih slow down. Saran saya, 2 - 3 kali jalan-jalan dalam setahun cukup untuk orang kantoran.

2. Budgetnya berapa?
Berapa kali nya sudah tau, sekarang tentukan budget!. Tidak bisa di pungkiri kalau budget itu jadi roda penggerak kita selama travelling. Rumusnya? tidak ada rumus khusus tetapi usahakan seimbang dan sesuai keadaan keuangan kalian.

Contoh saja, dibawah ini adalah perhitungan kasar ketika merencakan budget jalan-jalan:
Hotel tidak lebih dari IDR 700,000 /malam (total)
Tiket pesawat sekitar IDR 6,000,000 pulang/pergi
Jajan sekitar IDR 2,000,000 /perjalanan.
Transportasi IDR 500,000

Total: 9,200,000 X 2 kali jalan-jalan

Ingat diatas hanya contoh. Semua bisa di atur sesuai yang kalian mau. Dapetinnya bagaimana? caranya dengan vitamin N a.k.a Nabung say!. Percayalah, saya sering kok berderai air mata akibat enggak bisa nongkrong dulu karena sedang nabung liburan. Yang penting juga punya vitamin K alias komitmen kalau mau jalan-jalan.

Do not ever rely on your credit card while you are travelling; usahakan semua dibayarkan secara debit / cash. Traveling kan mau senang-senang, jangan pernah jadinya malah ngutang.

Duh kesannya kayak susah banget ya? jujur saja, saya pun awalnya kewalahan karena sepertinya susah budgeting tanpa tau mau kemana. Tetapi percayalah, lebih mudah punya budget dahulu ketimbang tau destinasinya. Daripada menyesuaikan budget dengan destinasi lalu jadinya spend too much dan travellingnya enggak maksimal, mending tau lebih dahulu kesanggupan kita berapa, kan?:) #nohutanghutangclub

3. Kira-kira mau kemana ya?
Sampai pada titik pentingnya, yaitu destinasi!. Budget sudah keluar, sekarang tinggal destinasi yang cocok dengan budget kita. Destinasinya bisa dimana saja, bahkan jalan-jalan dalam kota bisa dibilang "destinasi jalan-jalan". Familiar kan dengan istilah "staycation"? hehe. Oh iya, jangan terpaku sama apa yang ada di social media atau spanduk-spanduk travel agent saja ya. Rajin-rajin browsing sis, di dunia ini ada kira-kira 204 negara (195 negara berdaulat) lalu Indonesia sendiri punya 17.504 pulau dan 32 Provinsi dengan berbagai kebudayaan dan alam yang unik jadi kebayang kan, berapa banyak destinasi yang bisa kita pilih?.

4. Berapa lama ya?
Orang acap kali merasa yang penting dalam traveling itu harga tiket pesawat, tour, atau hotel di destinasi tujuan. Mungkin pada lupa ingatan, kalau yang mahal justru waktunya HEHE. Jadi, durasi juga menjadi tonggak penting dalam vacation planning. Sudah tau budget dan destinasi tujuan, sekarang tentukan durasinya. Minimal durasi buat saya sih 3 hari 2 malam, tetapi itu durasi khas "remaja aktif" atau tanpa jeda. Kalau mau lebih menikmati tempat sih minimal 5 hari tetapi balik lagi dengan ketersediaan budget kita lagi. Cukup tidak? kalau cukup dan memungkinkan cus! berangkat!

Tuh dia 4 langkah saya dalam merencakan traveling, monggo di coba dulu, siapa tau cocok hihi. Kalau kalian punya cara-cara sendiri dalam menyiasati vacation planning, please let me know cause I would love to know!

Until next post!

You May Also Like

0 comments