#ToughtofTheWeek Don’t be late

Juli 22, 2017


Happy morning!
Hampir setiap pagi, Saya selalu terburu-buru. Sebagai seorang mahasiswa, part-timer, dan freelancer, kegiatan Saya memang selalu padat dan jarang ada waktu istirahat. Kuliah pagi sekitar jam 8, lalu berangkat kerja sampai sekitar jam 6 sore. Belum lagi kalau sedang ada proyek freelance, Saya harus masih bekerja dan tak jarang sampai larut. Bisa ditebak kan saya pasti tidur malam bahkan pagi.
Terus, karena terbiasa tidur malam kalau lagi banyak kerjaan, akhirnya waktu lagi tidak ada kerjaan tetap tidur larut soalnya sudah jadi kebiasaan. Entah nonton youtube, buka-buka instagram, atau chatting sama teman, pokoknya tetap stay up all night. Kalau hari libur sih bebas, tapi kalau weekdays?



Saya kurang tidur, waktu jadi berantakkan karena saya telat memulai hari. Hari jadi mundur dan kurang produktif. Seharian jadi cranky lalu makan banyak dan tidak sehat. Muka juga jadi kusam dan banyak jerawat muncul. Hiih jelek banget deh!

Karena itu tekad Saya sudah bulat, Saya mau menghilangkan kebiasaan jelek saya. Berbagai metode saya coba dan sudah ribuan artikel saya baca. Dari cara standart seperti pasang alarm sampai menerapkan sleeping pattern yang aneh-aneh seperti polyphasic pattern pun sudah di lakukan tapi hasilnya tetap nihil.

Terus, gimana dong akhirnya?

Akhirnya saya memutuskan untuk tidak mengindahkan artikel dan metode di luar sana dan kembali ke diri Saya sendiri. Saya telusuri apa titik penyebab saya tidur telat. Mulai dari kegiatan, makanan, dan juga hal-hal kecil seperti transportasi yang saya gunakan sehari-hari.

Dan akhirnya! saya pun mulai menyusun metode yang paling pas untuk diri saya;
-. Dont eat too much sugar after 6pm
Saya masih suka terkena “sugar rush” (kayak anak kecil, ya?:p) dan akan tetap over-energized kalau terlalu banyak mengkonsumsi gula jadi ada baiknya menghindari untuk minum greentea latte kesukaan saya diatas jam 6 sore.
-. Selalu charge handphone begitu sampai rumah
Karena dengan begitu, Saya jadi tidak main terus dengan handphone saya.
-. Pasang reminder untuk tidur.
Kalau kamu pengguna iphone, dalam aplikasi “clock” adan sebuah fitur “bedtime” yang akan mengingatkan orang untuk tidur. Well, kalau yang ini jujur saja belum begitu berhasil, namun lumayan untuk reminder saya untuk segera tidur. Walaupun akhirnya lebih-lebih juga, tetapi paling saya hanya tahan tidak tidur 1 jam dari saat reminder berbunyi.
 -. No work after 7pm
Waktu kerja saya batasi sampai jam 7 malam saja untuk menghindari tidur larut malam dan kecapean keesokkan harinya. Pekerjaan yang masuk diatas jam 7 akan dikerjakan first thing in the morning.

Mungkin hanya 4 langkah saja, namun ternyata cukup efektif untuk Saya. Saya mulai bisa mengatur waktu dengan lebih baik dan pekerjaan pun banyak yang selesai tepat waktu. Ya memang, namanya juga manusia, berubah itu memang sulit sekali. Tetapi, tidak ada salahnya mencoba, kan?
Such a life achievement for a person like me!

Keep yourself productive, everyday!

Regina

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts